Kurangi Asupan Kalori Dengan Mengunyah Lebih Lambat

Menurunkan berat badan memang gampang-gampang susah. Banyak orang yang berhasil menurunkan berat badannya dengan cara diet, olahraga, dan lain sebagainya. Namun juga tidak sedikit orang yang gagal walaupun dengan cara yang sama. Bagi anda yang gagal menurunkan berat badan, mungkin salah satu cara ini terdengar sederhana namun terbilang cukup efektif.
Cara tersebut adalah mengunyah lebih lambat ketika anda makan. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengunyah lebih lambat ketika makan bisa membantu mengurangi asupan kalori.

Nafsu Makan Bisa Turun Ketika Makan Secara Perlahan

Menurut profesor Meena Shah, penulis penelitian, salah satu alasan kenapa nafsu makan seseorang menurun adalah karena makan lebih lambat. Orang yang makan lebih lambat akan membuatnya lebih peka dan benar-benar dapat membedakan antara lapar dan kenyang. Shah juga menjelaskan bahwa mengunyah lebih lambat sepertinya dapat meningkatkan asupan air dan mempengaruhi proses biologis yang bisa menentukan seberapa banyak orang makan.
Untuk menindaklanjuti teori ini, ia bersama timnya melakukan penelitian terhadap dua kelompok kecil yang terdiri dari 35 orang partisipan dengan kelebihan berat badan (obesitas) dan 35 orang partisipan dengan berat badan normal. Selama dua hari penelitian, mereka diharuskan mengonsumsi makanan yang sama dengan dua kondisi yaitu cepat dan lambat.

0 komentar:

Posting Komentar